Kecepatan Akses Internet

Apa itu kecepatan? Misalnya suatu mobil melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Apa Artinya? Artinya dalam waktu satu jam mobil akan menempuh jarak 80 km. Atau dengan kata lain untuk menempuh jarak sejauh 80 km mobil tersebut membutuhkan waktu satu jam.
Di Internet anda juga akan mengenal istilah kecepatan akses internet. Apa satuan untuk kecepatan akses internet? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses internet? Bagaimana cara mengeukur kecepatan akses internet?
Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet, anda tentu dapat mempertimbangkannnya dengan biaya yang dikeluarkan ketika akan melakukankonkesi internet. Nah, pada bab ini kita akan mempelajari kecepatan akses internet.
Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan komputer, kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps.
Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah-istilah download, upload, downstream, upstream. Mari kita bahas arti dari istilah-istilah tersebut:
  1. Download adalah kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer lokal. Untuk melakukan kegiatan download pengguna komputer harus melakukan permintaan terhadap data/file/aplikasi tersebut pada suatu halaman web.
  2. Upload adalah kebalikan dari proses download. Jadi upload dapat diartikan sebagai kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari komputer lokal ke internet (server).
  3. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 Kbps.
  4. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan upload dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 Kbps.
Download artikel lengkap klik disini


0 Response to "Kecepatan Akses Internet"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes